Smartphone saat ini sangat populer di seluruh dunia, dan prosentase smartphone dalam penjualan ponsel juga meningkat.

Smartphone merupakan perangkat yang sangat canggih dibandingkan dengan telepon selular tradisional yang memungkinkan kita untuk melihat situs yang dirancang untuk Komputer Pribadi (PC) serta berbagai macam aplikasi yang dapat didownload dan digunakan secara bebas.

Versi terbaru dari Sistem Operasi dan Aplikasi pada smartphone umumnya tersedia secara berkala. Pembaruan / update aplikasi mungkin memberikan lebih banyak fungsi serta menginkatkan kecanggihan atau keamanan aplikasi smartphone.

keamanan-smartphone

Resiko dan Ancaman :

  1. Jumlah malware pada smartphone saat ini meningkat. Jika perangkat Anda terinfeksi oleh malmware, isi buku alamat atau informasi pribadi lainnya mungkin dapat terkirim ke server eksternal atau server yang tidak sah.
  2. Selain terinfeksi oleh malmware, ketika men-download aplikasi, aplikasi dapat meminta informasi perangkat atau meminta isi buku alamat untuk dikirim ke server eksternal. Misalnya, ada kasus aplikasi yang mengaku dirancang untuk meningkatkan waktu baterai, namun sebenarnya aplikasi tersebut berfungsi untuk mencoba mengirim informasi alamat kepihak eksternal yang tidak relevan dengan penggunaan aplikasi.

Langkah Aman untuk Merespon :

  • Selalu perbarui Sistem Operasi, aplikasi dan perangkat lunak anti-virus pada smartphone ke versi terbaru yang tersedia. Karena smartphone berisi informasi buku alamat dan informasi sensitif lainnya, perhatian yang lebih sangat diperlukan.
  • Ketika men-download aplikasi, pastikan untuk memeriksa apakah situs tersebut dapat dipercaya dan cek siapa yang menyediakan aplikasi tersebut. Kemudian saat men-download, pastikan untuk memeriksa perjanjian persetujuan dan / atau persyaratan layanan untuk informasi yang dikumpulkan dan bagaimana akan digunakan, sebelum menyetujui atau menggunakan aplikasi.

Sumber: RisetKomputer.Com

Keamanan Telepon Pintar
Tagged on:             
1
Hai,

Terima kasih telah menghubungi ServiceDesk BPPT - "We Serve Better"

Ada yang bisa kami bantu terkait Infrastruktur/Jaringan di BPPT?

klik icon whatsapp di bawah ini.
Powered by