Keamanan informasi adalah suatu bagian yang sangat penting untuk mendapatkan perhatian khusus mengingat pentingnya dan berharganya informasi di BPPT. Oleh karena itu dibentuklah Gov-CSIRT BPPT atau Government Computer Security Insident Respon Team yang merupakan suatu team yang dibentuk BPPT dalam rangka melakukan respon atas berbagai permasalahan dalam bidang Teknologi Informasi, terutama dalam menangani masalah keamanannya. Acara pembentukkan Gov-CSIRT BPPT ini telah diselenggarakan pada Hari Rabu tanggal 25 Juni 2014 di Ruang Workshop Gedung Teknologi 3 lantai 2, Komplek Puspiptek, Serpong.

gov-csirt

 

sosialisasi gov csirt

Adapun struktur organisasi dari Gov-CSIRT BPPT seperti gambar di bawah ini:

struktur-organisasi

Bentuk institusi Gov-CSIRT ini adalah sebuah kesatuan penanganan Teknologi informasi yang anggotanya adalah orang orang yang kompeten dan berpengetahuan dalam bidang teknologi Informasi, mampu menangani problem yang dihadapi dalam bidang ini, serta membentuk suatu kelompok yang saling bantu membantu untuk melakukan perbaikan sistem dan pengamanan informasi di BPPT.

sosialisasi-csirt

Adanya Gov-CSIRT ini adalah dalam rangka mewadahi serta mengatur suatu cara pengananan berbagai insiden di bidang Teknologi informasi agar masalah yang terjadi di BPPT dalam bidang ini dapat diselesaikan secara cepat, tepat serta bisa melaksanakan dengan baik dalam rangka pengamanan informasi. Gov-CSIRT BPPT ini dibentuk mengingat lokasi sebaran pengelolaan Teknologi Informasi BPPT demikian luas, sehingga perlu membangun institusi yang baik, mempunyai daya jangkauan luas tetapi efektif.

anggota-csirt

Usulan kegiatan Gov-CSIRT BPPT antara lain:

  • Melakukan sosialisasi keamanan informasi dilingkungan pegawai BPPT
  • Melakukan bimbingan teknis terhadap Focal Point Unit Kerja
  • Memberikan konsultasi terkait keamanan informasi, atau membentuk klinik keamanan informasi
  • Secara teratur melakukan update teknologi keamanan, update prosedur operasional standard, dan update alat bantu (tools) yang dimiliki
  • Secara teratur melakukan audit terhadap keamanan informasi baik secara internal maupun eksternal (misalnya audit KAMI dari Kemkominfo atau ISO 27001 dari Sucofindo)

Pembentukan Gov-CSIRT BPPT
Tagged on:         
1
Hai,

Terima kasih telah menghubungi ServiceDesk BPPT - "We Serve Better"

Ada yang bisa kami bantu terkait Infrastruktur/Jaringan di BPPT?

klik icon whatsapp di bawah ini.
Powered by