Dalam beberapa tahun terakhir ini, Komputer Pribadi (PC) menjadi lebih ringan dari sebelumnya serta smartphone menjadi lebih populer, dimana telah mempercepat penggunaan LAN Nirkabel yang memungkinkan akses ke internet melalui komunikasi nirkabel di dalam dan bahkan di luar rumah atau kantor.

Selain layanan berbayar oleh para penyedia, fasilitas layanan WI-FI gratis yang tersedia di bandara, stasiun kereta api dan bangunan komersial meningkat.

Resiko dan Ancaman :keamanan-jaringan-nirkabel

  1. Sejak LAN Nirkabel di rumah atau kantor dapat dihubungkan secara bebas dalam wilayah yang dicakup oleh gelombang radio, komunikasi dapat disadap kecuali langkah-langkah PENGAMANAN yang sesuai sudah diambil.
  2. Selain itu, akses tidak sah ke jaringan LAN Nirkabel dapat mengakibatkan kebocoran informasi pribadi atau rahasia perusahaan, atau digunakan sebagai batu loncatan untuk menyerang server. Saat menggunakan layanan LAN Nirkabel publik, PC atau smartphone dapat terhubung ke titik akses palsu. Dalam hal ini, komunikasi Anda mungkin didengar orang lain (eavesdropped) walaupun LAN Nirkabel yang Anda gunakan telah dienkripsi.

Langkah Aman untuk Respon :

  • Gunakan LAN Nirkabel di rumah atau kantor setelah pengaturan ekripsi data seperti (WPA2:Wi-Fi Protected Access 2, dll) sehingga komunikasi teks yang jelas tidak dapat disadap dan untuk mencegah akses yang tidak sah. Ketika pengaturan secara manual enkripsi data, gunakan string karakter yang cukup panjang untuk tidak dapat dianggap sebagai kunci enkripsi.
  • Ketika menggunakan layanan LAN Nirkabel publik, gunakan situr yang dienkripsi dengan SSL (website yang URL dimulai dari “https://”) saja dan periksa PC yang Anda gunakan sebelum menggunakan layanan ini dan periksa file sharing dinonaktifkan.

 

Sumber: RisetKomputer.Com

Keamanan Jaringan Nirkabel
Tagged on:                     
1
Hai,

Terima kasih telah menghubungi ServiceDesk BPPT - "We Serve Better"

Ada yang bisa kami bantu terkait Infrastruktur/Jaringan di BPPT?

klik icon whatsapp di bawah ini.
Powered by