Satu Kali Klik Penipuan mengacu pada menipu uang dengan menampilkan layar untuk tagihan untuk biaya pendaftaran atau biaya pemakaian layanan setelah mengklik gambar atau video di situs Web.

Baru-baru ini, ada penipuan “satu-klik” yang menggunakan aplikasi smartphone dan layanan media sosial seperti blog / SNS.

Selain kasus “satu klik”, layar penagihan dapat ditampilkan setelah beberapa klik seperti verifikasi usia, dll. Dalam beberapa kasus lain teknik yang digunakan menjebak dan canggih, seperti layar penagihan tidak bisa hilang walaupun perangkat sudah dimatikan.

Resiko dan Ancaman :penipuan-satu-kali-klik

  1. Mengklik gambar atau video yang membuat pengguna tertarik dapat menyebabkan penagihan tidak sah atau mengarahkan pengguna akses ke situs palsu.
  2. Ada beberapa kasus di mana alamat IP dan atau informasi penyedia terdaftar pada layar penagihan untuk menciptakan rasa takut dengan cara membuatnya terlihat, seperti individu tersebut telah teridentifikasi.

Langkah Aman untuk Merespon :

  • Usaha-usaha pemblokiran tersambungnya situs jahat (malicious sites) dengan menggunakan peranti lunak filtering atau perangkat lunak security terbaru lainnya. Juga pastikan untuk men-download aplikasi smartphone hanya dari situs terpercaya.
  • Sadarilah bahwa ketika menggunakan komputer, satu klik saja tidak akan mengidentifikasi Anda, sehingga abaikan langkah-langkah untuk pembayaran. Untuk smartphone, berhati-hatilah bahwa ketergantungan pada aplikasi, informasi yang tersimpan pada perangkat seperti kontak informasi Anda sendiri atau informasi lainnya yang terdapat di buku alamat dapat terpublikasi.
  • Jika Anda kebetukan untuk menghubungi salah satu situs tersebut, penagihan tidak sah terus berlanjut atau jika Anda menerima panggilan pengadilan, berkonsultasi dengan otoritas setempat (konseling administratif atau konsultasi pengacara gratis, dll) sebagai nasihat.

 

Sumber: RisetKomputer.Com

Penipuan Dengan Satu Kali Klik
Tagged on:                 
1
Hai,

Terima kasih telah menghubungi ServiceDesk BPPT - "We Serve Better"

Ada yang bisa kami bantu terkait Infrastruktur/Jaringan di BPPT?

klik icon whatsapp di bawah ini.
Powered by