Pengumuman Kepada Seluruh pengguna Internet BPPT,

Sehubungan dengan maraknya malware, khususnya varian ransomware jenis “WannaCRY” – yang dapat berdampak kepada terkuncinya data-data sebuah komputer, maka diharapkan untuk dapat melakukan antisipasi agar tidak terjangkiti oleh malware tersebut.

Serangan ransomware berkembang secara global dan terdeteksi menginfeksi kepada institusi kesehatan, walaupun tidak menutup kemungkinan dapat menyebar lebih luas lagi, dengan target saat ini adalah pengguna sistem operasi windows.

Sesuai himbauan Kementerian Kominfo (https://kominfo.go.id/content/detail/9636/siaran-pers-no-55hmkominfo052017-tentang-himbauan-agar-segera-melakukan-tindakan-pencegahan-terhadap-ancaman-malware-khususnya-ransomware-jenis-wannacry/0/siaran_pers), diharapkan agar dapat mengamankan data-data atau melakukan backup di media terpisah terhadap data-data dalam komputer masing-masing. Untuk selanjutnya dapat selalu melakukan update dan patching, terlebih untuk pengguna OS Windows, sebagai langkah antisipasi terkena serangan ransomware tersebut.

Berikut langkah-langkah pencegahan yang dapat didlakukan :
– Cabut Kabel LAN/Wifi
– Lakukan Backup Data
– Update Anti-Virus
– Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct (https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx)
– Jangan mengaktifkan fungsi macros
– Non aktifkan fungsi SMB v1
– Block 139/445 & 3389 Ports
– Ulangi, selalu backup file file penting di komputer anda dan di simpan backupnya ditempat lain

Saat ini belum ada penangan khusus jika komputer terkena infeksi malware tersebut. Jika ada komputer yang terindikasi terkena serangan ransomware tersebut, dapat meminta bantuan Focal Point CSIRT BPPT di masing-masing unit kerja.
Konsultasi online juga dapat dilakukan melalui https://www.nomoreransom.org atau emailincident@idsirtii.or.id.

Repository Patch Windows dapat di unduh pada laman berikut : http://repo.bppt.go.id/download

Salam,
CSIRT BPPT

WASPADA RANSOMWARE !!
Tagged on:         
1
Hai,

Terima kasih telah menghubungi ServiceDesk BPPT - "We Serve Better"

Ada yang bisa kami bantu terkait Infrastruktur/Jaringan di BPPT?

klik icon whatsapp di bawah ini.
Powered by